Manfaat Alang-alang dan Cara Mengolahnya

Manfaat Alang-alang dan Cara Mengolahnya

Alang-alang merupakan jenis rerumputan yang memiliki daun sangat tajam dan pada umumnya adalah gulma yang akan mengganggu tanaman petani. Tapi selain menjadi gulma, manfaat alang-alang ternyata dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit dan juga gangguan kesehatan. 

Manfaat Alang-alang

Bagi petani, gulma itu banyak dimusnahkan dikarenakan bisa memperlambat pertumbuhan padi, jagung, ubi dan juga berbagai tanaman petani lainnya. Akan tetapi, ternyata alang-alang ada banyak manfaat atau khasiat yang dapat kita gunakan. Berikut ,beberapa manfaat dan cara mengolah alang-alang yang dijadikan sebagai pengobatan alternatif herbal.

Obat penyakit kencing berdarah

Caranya: Akar alang-alang yang masih segar ,sebanyak kira-kira 100 gram, Kemudian cuci sampai bersih akar alang-alang .Rebus menggunakan 2 gelas air bersih, tunggu sampai airnya mendidih, sampai air rebusannya tersisa setengahnya. Angkat lalu dinginkan, kemudian saring air rebusan akar alang-alang tadi untuk memisahkan ampasnya. Minumlah dengan rutin 2 kali sehari .

Cara ini dapat digunakan untuk meluruhkan air seni

Caranya:Ambil sembalan rimpang alang-alang 40biji,ambil yang sudah kering lalu dipotong kecil-kecil .Rebus potongan rimpang alang-alang tadi dengan menggunakan air sebanyak 2 gelas .Tunggu rebusan alang-alang sampai mendidih ,biarkan air rebusan sampai tersisa menjadi 1 gelas. Kemudian angkat dan dinginkan lalu disaring ampasnya. Minumlah rebusan ini secara rutin 2 kali sehari

Sebagai obat penyakit ginjal akut

Caranya: Akar alang-alang yang segar ,diambil kurang lebih 60 – 120 gram. Potong akar alang-alang tadi menjadi ukuran kecil, lalu dicuci dan bersihkan. Rebuslah akar dengan menggunakan air sebanyak 3 gelas ,kemudian ditunggu sampai rebusan tadi mendidih dan airnya tersisa menjadi 1 gelas. Kemudian angkat dan dinginkan lalu disaring air rebusan itu untuk memisahkan ampas .Minumlah rebusan alang-alang secara rutin 2 kali sehari.

Bagaimana ,bermanfaat bukan? Jadi walaupun alang-alang merupakan tanaman gulma, tidak menjadi alasan untuk dijadikan obat alternatif .tidak ada salahnya kalau kita mencoba manfaat alang-alang yang terdapat banyak sekali di sekitar kita, sebab Alang-alang bisa berkembang biak dengan cepat .

Manfaat Alang-alang dan Cara Mengolahnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown