Khasiat Buah Naga Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Buah Naga Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan
Khasiat Buah Naga Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan Khasiat buah naga,buah naga mempunyai bentuk yang cukup khas,  maka dari itu kita bisa dengan mudah untuk mengenali buah ini . Buah naga mempunyai bentuk yang bulat dan agak lonjong dan mempunyai ukuran yang sedang menyerupai buah alpukat. Buah naga ini mempunyai warna kulit dan isi yang banyak.  
Untuk jenis Buah naga yang kulit buahnya berwarna merah menyala biasanya isi nya putih dan merah.Tapi untuk isi buah naga yang berwarna hitam, berwarna merah gelap kulit buahnya , dan yang kulit buahnya berwarna kuning untuk isi buah naga nya juga kuning.Ada jumbai-jumbai nya di sekujur kulit Buah naga dan itu yang menjadikan asal muasal kenapa buah ini diberi nama buah naga.
Berbicara tentang khasiat buah naga, ada beberapa khasiat yang bisa diperoleh tidak hanya dari buahnya saja, akan tetapi juga berasal dari daun atau pun kulit buahnya. Selain buahnya yang cukup lezat, buah naga merah yang mempunyai nama latin (Hylocereus polyrhizus) atau disebut juga dengan nama lain (red pitaya) mempunyai juga khasiat obat ,dan di antara khasiat buah naga adalah menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes dan dapat menghaluskan kulit. Sementara  itu ekstrak daun dan kulitnya dapat untuk meningkatkan kelenturan pembuluh darah dan dapat menghambat pertumbuhan sel sel tumor.

Menurut ahli pengobatan tradisional China ( Prof. Dr. Muhammad Yusuf) dengan kita mengonsumsi satu buah naga merah (250 gram) di waktu pagi dan sore ,dalam delapan hari berturut-turut dapat menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Dan selama mengonsumsi buah naga seharusnya penderita diabetes berhenti mengonsumsi nasi dikarenakan nasi menjadi sumber gula bagi penderita diabetes.
Dalam kebudayaan Cina (Tionghoa) buah naga dipercaya bisa menghaluskan kulit bagian wajah sehingga bisa menjadikan kulit wajah terlihat lebih cantik.Dari hasil riset peneliti Department of Applied Chemistry National Chi-Nan University menunjukkan ekstrak kulit buah naga merah berpotensi memperlambat pertumbuhan sel sel tumor B16F10 dengan dosis 25 gram.
Selain di atas khasiat buah naga merah ini juga sangat baik bagi sistem pencernaan dan juga peredaran darah. Juga dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan meneutralkan toksik dalam darah. Dalam kajian lain juga menunjukkan ,buah naga juga bisa mencegah kanser usus, juga dapat mengurangi kandungan kolesterol yang cukup tinggi dalam darah dan disaat yang sama dapat juga menurunkan kadar lemak pada tubuh
      Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan
Buah naga atau yang sering disebut dengan sebutan dragon fruit adalah buah yang berbentuk unik dan mempunyai kulit seperti sisik naga dan bertaburan biji-bijian hitam didalam buahnya.  Buah ini mempunyai rasa seperti buah kiwi dan mempunyai kandungan air 80%, zat besi, protein, kalsium,dan vitamin C yang berguna untuk kesehatan tubuh, sedangkan bentuk batang buah naga yang menjulur panjang seperti pohon kaktus juga bisa bermanfaat untuk kecantikan kulit. 
Selain memiliki rasa juga bentuk yang unik, ternyata buah naga memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh . ingin tau apa manfaat buah naga untuk kecantikan ? lihat beberapa artikel berikut ini :
- Menghaluskan dan Melembabkan Kulit
Buah naga kaya dengan Vitamin B3 yang berkhasiat untuk melembabkan kulit, Vitamin B3 juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit.
   Caranya :
Ambil 1 buah naga berukuran sedang, kemudian blender buah naga itu sampai lembut. Setelah itu saringlah dengan menggunakan kaos yang halus dan buang ampasnya. Oleskan sari buah naga tersebut ke seleruh permukaan wajah, leher, dan tubuh. Biarkan sampai meresap dan mengering. lakukan 2 kali setiap 1 minggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.
- Mencegah Penuaan Dini
Selain memiliki kandungan Vitamin B3, buah kaya akan naga juga Vitamin Edan beta-carotene  yang bisa memhambat perkembangan sel dan menurunkan resiko proses oksidasi yang disebabkan radikal bebas.
  Caranya :
Ambillah separuh buah naga, blender sampai lembut. Setelah itu tuangkan 1 sendok makan yogur kemudian aduk hingga rata. Setelah itu oleskan ke seluruh bagian wajah dan leher, diamkan selama 20 menit hingga benar-benar kering. Bilas dengan air hangat dan ulangi seminggu sekali.
- Mencegah dan Mengobati Jerawat
Buah naga juga mempunyai kandungan Vitamin C yang berkhasiat untuk mengobati jerawat.
  Caranya :
Ambil seperempat buah naga, kemudian blender hingga halus, dan ambillah airnya. Oleskan air perasan tadi pada daerah yang berjerawat, diamkan sampai mengering. Ulangi secara teratur sampai jerawat mengering dan hilang.
- Mengatasi Kulit Terbakar Matahari
Buah naga berkhasiat juga untuk mengatasi kulit kering dan kulit berwarna merah akibat tersengat matahari. Jika tidak cepat diatasi efek karena tersengat matahari akan berasa panas sampai beberapa jam. Untuk menghilangkan efek dari sengatan matahari dapat mencoba dengan cara seperti berikut.
  Caranya :
Bikin perasan buah naga dan juga mentimun ,masing masing dengan takaran 2 sendok makan. Campur sampai rata, lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Oleskan ke tempat kulit yang terbakar tadi, dan biarkan sampai meresap sampai kulit terasa dingin. Kemudian bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan air dingin (air es).
- Melindungi Kulit dari Sinar UV
Dalam buah naga terdapat Kandungan phytoene dan phyofluence yang bermanfaat melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV. Kandungan phytofluence bisa menyerap sinar UV dan bisa mempertahankan kulit supaya tetap sehat.
  Caranya :
Ambil perasan buah naga secukupnya, kemudian celupkan kapas ke dalamnya. Setelah itu tempel pada bagian wajah dan biarkan sampai benar-benar meresap dalam kulit. Bilas dengan air bersih . Sebaiknya ulangi setiap hari sebelum anda memulai aktivitas pada pagi hari , sehingga kulit bisa terlindungi dari sinar UV dengan baik.

Khasiat Buah Naga Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown