Beberapa Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Buah naga (hylocereus polyrhizus) adalah buah asli dari Amerika Tengah dan tumbuh di daerah dengan iklim tropis, subtropis, hingga daerah beriklim kering.  Buah Naga memiliki kadar air yang tinggi yaitu sekitar 90% dari berat buah. Dengan rasanya yang manis, buah naga biasanya digunakan sebagai pelepas dahaga karena dapat mengembalikan kesegaran tubuh.

Ada baiknya anda mengetahui terlebih dulu kandungan apa saja yang ada dalam buah ini. Dan berikut ini merupakan kandungan nutrisi serta gizi yang terdapat dalam buah naga. Kalsium – 8.8 mg, Karoten – 0,012 mg, Niasin – 1,3 mg, Vitamin C – 9 mg, Tiamin – 0,0 mg, Protein – 0,229 g, Serat kasar – 0,9 g, Moisture – 83 g, Vitamin B2 – 0,045 mg, Vitamin B1 – 0,043 mg,Vitamin B3 – 0,43 mg, Lemak – 0,61 g, Ash – 0,28 g, Riboflavin – 0,044 mg, Besi – 0,65 mg, Fosfor – 36,1 mg

Dan berikut ini merupakan beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan yang saya dapatkan dari berbagai sumber situs online.

Menjaga Kesehatan Kulit dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mempercantik penampilan, dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi, buah naga membantu menjaga kesehatan kulit, menambah kelicinan kulit, kehalusan kulit serta mencegah jerawat. Salah satunya yakni dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Hal tersebut dikarenakan buah naga mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Jadi bagi anda yang mudah terserang penyakit mungkin buah naga ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi dan Pembentuk Sel Darah Merah

Buah naga ini mampu mengurangi tekanan darah tinggi dan juga kadar kolesterol. Selain itu buah naga juga dapat membantu menetralkan zat-zat beracun yang terdapat dalam tubuh kita. Kandungan vitamin B2 dalam buah naga ini sangat baik sekali untuk kesehatan kita. Salah satunya yakni pembentukan sel darah merah. Dan masih banyak lagi manfaat dari vitamin B2 untuk kesehatan tubuh kita.

Membantu Melawan Batuk Dan Asma juga Mengobati Sembelit

Bagi anda yang menderita asma dan batuk, buah naga ini ternyata juga dapat membantu melawan batuk dan asma, jadi ada baiknya mengkonsumsi buah ini disaat anda terserang batuk. Manfaat Buah naga merah ini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu memperlancar proses pencernaan dalam tubuh.

Meningkatkan Metabolisme dan Meningkatkan Ketajaman Penglihatan

Selain mengandung vitamin B2, buah naga juga mengandung vitmain B1. Dimana vitmain B1 berfungsi membantu meningkatkan metabolisme energi. Dan masih banyak lagi manfaat vitamin B1 yang bisa anda lihat di internet. Buah naga merah memiliki kandungan zat karoten yang sangat baik bagi kesehatan mata. dan menghindari hipertensi.

Mengobati Penyakit Mematikan dan Memperkuat Tulang

Buah naga dapat mencegah dan mengobati penyakit jantung, kanker, hingga membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena buah ini memiliki kandungan lycopene. Buah naga merupakan sumber antioksidan yang baik, mencegah radikal bebas dan melindungi dari menyebabkan kanker dan detriments kesehatan lainnya dari memasuki tubuh Anda. Kandungan kalsium dan fosfor dalam buah naga ini berfungsi untuk memperkuat tulang.

Menurunkan Kadar Kolesterol dan Menurunkan Berat Badan

Selain itu buah naga juga mampu menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh. Karena buah ini mengandung vitamin B3 yang dapat mengurangi kadar kolesterol sehingga buah ini sangat baik sekali untuk kesehatan. Buah naga ternyata juga berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Jadi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan bisa dengan cara mengkonsumsi buah naga ini secara rutin.

Mengurangi Stres Dan Menetralkan Racun dalam Darah

Menurut Lanita Somali Msc MSEd, Kepala Unit Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Politeknik Kesehatan Jakarta ll, biji buah naga kaya akan lemak tak jenuh ganda yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, mengikat kolesterol yang ada di dalam tubuh, sangat baik untuk sistem peredaran darah, penyeimbang kadar gula, menormalkan kadar gula darah yang dapat menyebabkan kolesterol, mengurangi tekanan emosi, dan menetralkan racun dalam darah.

Meningkat Daya Tahan Tubuh dan Menjaga Stamina Tubuh

Buah naga juga mengandung kalium, zat besi, protein, kalsium dalam jumlah yang cukup baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Zat-zat ini menetralkan racun dalam darah, meningkatkan daya pengelihatan dan mencegah hipertensi. Menjaga kesehatan dan stamina, dengan kandungan antioksidan dan vitaminnya. Vitamin B1 dalam buah ini membantu dalam meningkatkan produksi energi dan juga dalam metabolisme karbohidrat.

Menyembuhkan Luka Memar, Memulihkan Nafsu Makan, Mengurangi Lemak

Buah naga Ini memiliki jumlah tinggi vitamin C dan membantu dalam penyembuhan memar dan luka dengan cepat. Kandungan vitamin B2 dan B1 dalam buah naga sangat baik untuk meningkatkan metabolisme dan memulihkan nafsu makan. Manfaat buah naga merah dikenal efektif untuk menurunkan kadar glukosa darah. Buah naga merah ini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu memperlancar proses pencernaan dalam tubuh serta mengurangi lemak dalam tubuh.

Membantu Dalam Pembentukan Jaringan dan Mencegah Radikal Bebas

Selain itu buah ini juga mengandung vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, kalsium, fosfor, dan protein yang baik untuk membantu pembentukan jaringan. Buah naga mengandung fosfor dan kalsium, sehingga manfaat buah naga juga dapat membuat tulang kuat serta membentuk jaringan dan gigi lebih sehat. Salah satu manfaat buah naga yakni sebagai pencegah radikal bebas karena buah naga ini merupakan salah satu buah penghasil antioksidan yang baik.

Membantu menyembuhkan Penyakit Diabetes dan Mencegah Penyakit Psteoporosis

Karena rasa manis buah naga merah bukan berasal dari glukosa, maka buah naga juga bisa untuk membantu menyembuhkan penyakit diabetes. Buah naga juga sangat membantu dalam mengurangi kadar gula darah pada orang yang menderita diabetes tipe 2. Mencegah penyakit osteoporosis atau pengapuran tulang, karena buah naga mengandung banyak kalsium organik.

Menyembuhkan Penyakit Kanker dan Meningkatkan Ketajaman Mata

Buah naga membantu menyembuhkan penyakit kanker, kandungan vitamin kompleksnya, sudah direkomendasikan oleh dokter sebagai buah terapi penyembuhan kanker. Buah naga merah memiliki kandungan zat karoten yang sangat baik bagi kesehatan mata.

Sumber Vitamin Dan Mineral

Buah naga merupakan sumber vitamin dan mineral yang cukup baik. Kadar vitamin B1-nya mencapai 0,3 mg per 100 gram daging buah. Buah ini juga kaya akan betakaroten. Betakaroten merupakan provitamin A yang akan diubah menjadi vitamin A. Vitamin A ini berguna bagi proses metabolisme.

Betakaroten ini juga berfungsi sebagai antioksidan yang menetralkan radikal-radikal bebas di dalam tubuh manusia. Kemampuan betakaroten bekerja sebagai antioksidan berasal dari kesanggupannya untuk menstabilkan radikal berinti karbon. Karena betakaroten efektif pada konsentrasi rendah oksigen, ia dapat melengkapi sifat antioksidan tinggi oksigen.

Semoga artikel diatas bermanfaat bagi kita semua, bermanfaat bagi kami maupun anda sebagai pembaca. Kami ucapkan banyak terimakasih telah mengunjungi situs ini, jika ada kritik atau saran silahkan poskan dikotak komentar untuk menyempurnakan situs ini.

Beberapa Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown